33 Gubernur Terima DIPA dari SBY, Jokowi Tampil Beda

Hari ini Presiden SBY memimpin acara penting di Istana Negara yaitu memberikan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2013 kepada 33 gubernur. Di antara gubernur itu terdapat Jokowi Widodo (Jokowi). Jokowi cukup menyita perhatian karena kostumnya berbeda dengan puluhan undangan lainnya.

Para gubernur menerima berkas DIPA secara bergilir. Satu per satu dipanggil ke depan, menerima berkas DIPA dari tangan Presiden SBY langsung, Senin (10/12/2012) pukul 14.30 WIB. SBY yang berkemaja safari lengan panjang, didampingi oleh Wapres Boediono yang berkemeja lengan pendek warna putih.
Para gubernur yang dipanggil rata-rata mengenakan kemeja safari lengan panjang atau pendek warna gelap. Namun saat giliran Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dipanggil, muncullah Jokowi dengan kostum yang berbeda. Kostum Jokowi adalah seragam dinas warna hijau. Ada tulisan Linmas (Perlindungan Masyarakat) di dada kiri, lengkap dengan tanda kepangkatan.

Kemeja dimasukkan ke dalam celana panjang dan diikat dengan sabuk. Penampilan Jokowi tampak sederhana, ditunjang oleh tubuhnya yang kurus. Baju itu telah dipakai Jokowi sejak dia berada di Balai Kota pagi tadi.

SBY menyambut Jokowi dengan senyum, menyerahkan DIPA, lalu bersalaman. Jokowi yang menyalami SBY dengan sedikit membungkuk penuh hormat, lantas kembali ke barisan kursinya. Kehadiran Jokowi disambut senyum lebar para menteri yang duduk di sisi lainnya. Para menteri tak tersenyum lebar saat gubernur lainnya menerima berkas DIPA, tapi ketika Jokowi yang muncul, mereka tersenyum.

Selain dihadiri oleh gubernur, acara itu dihadiri para menteri. Sejumlah menteri mendapatkan penghargaan karena prestasinya menyerap DIPA.

No comments:

Post a Comment