Bahas ERP, Jokowi Bertemu Mendag Norwegia di HI


Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menikmati suasana Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Bundaran HI, Minggu (25/11). Memanfaatkan momen itu, Jokowi sapaan akrabnya juga melangsungkan pertemuan dengan Menteri Perdagangan dan Industri Norwegia, Trond Giske untuk membahas Electronic Road Pricing (ERP).

Dalam pertemuan itu, juga dibicarakan rencana kerjasama Pemprov DKI dengan perusahaan asal Norwegia, RIN yang tertarik menyediakan layanan ERP untuk diterapkan di ibu kota. "Pak menteri ingin melihat langsung situasi di lapangan. Kebetulan ada HBKB, jadi sekalian saja lihat situasinya seperti apa," ujar Jokowi, Minggu (25/11).

Dikatakan Jokowi, pertemuan yang dilakukannya ini merupakan sebuah awal dan penawarannya akan dikaji terlebih dahulu. "Ini baru ketemu awal. Dia kan menawarkan, kita mau lihat dulu sistemnya seperti apa, cocok nggak diterapkan di Jakarta," kata Jokowi. 

Mantan Walikota Solo ini juga mengatakan, jika ERP berguna serta mampu menjadi sebuah solusi mengatasi kemacetan di Jakarta, maka dia segera menerapkannya.  "Kalau berguna ya mau. Kalau di Bangkok bisa, mungkin di Jakarta juga bisa. Tapi ini baru ketemu pertama kali," katanya.

Saat ditanya mengenai teknis pelaksanaan ERP nantinya, Jokowi menegaskan, hal itu masih menunggu peraturan pemerintah terlebih dahulu.


No comments:

Post a Comment