Jokowi: Orang Kampung Tanya ke Saya MRT Itu Apa? Ya Kereta Bawah Tanah



Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Jokowi yang sering blusukan ke kampung-kampung rupanya sering ditanya proyek Mass Rapid Transit (MRT). Ternyata, banyak orang kampung yang tak paham apa itu MRT. Jokowi pun menjelaskan ke mereka dengan bahasa yang sederhana.

"MRT itu apa? Ya kereta bawah tanah. Karena banyak yang di kampung nanya ke saya apa itu MRT, apa toh Pak? Ya kereta bawah tanah. Jadi sekarang saya mau nyebut Kereta Bwah Tanah, nggak pakai MRT," kata Jokowi. 

Hal itu disampaikan Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2012) sore.

Pemprov DKI imbuhnya belum mengeksekusi proyek MRT. Sebelum mengeksekusi, dia akan mengundang pakar dan masyarakat transportasi di Indonesia, termasuk PT MRT Jakarta.

"Dua hari lagi kumpulin ini, harus presentasi lagi. Saya juga ngundang pakar-pakar dan masyarakat transportsi semuanya. Biar gamblang semua, ngerti sebetulnya apa sih yang masih saya ragukan. Sebetulnya ini bukan masalah ragu ini masalah kalkulasi itu saja untuk MRT," kata dia.

Sebelumnya, Jokowi masih menunggu jawaban 3 hal yang ditanyakan pada PT MRT Jakarta (MRTJ) pekan depan.

"Ada 3 hal yang belum terjawab dan akan dijawab minggu depan," ujar Jokowi usai pertemuan di kantor Kementerian PU, Jalan Pattimura, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (1/10/2012).

Jokowi mengatakan 3 hal yang belum terjawab itu yang pertama adalah imbal hasil (return of investment). Kedua, masalah yang belum terjawab adalah masalah penumpang.

"(penumpang) Kalau pagi sama sore mungkin penuh-penuh. Tapi kalau siang, agak siang, agak sore gimana?" kata Jokowi.

Masalah ketiga, lanjut Jokowi mengenai pinjaman (loan). "Yang sekarang pakai tight loan, saya tanya kenapa tidak pakai untight loan," tanyanya.

Dtk.

No comments:

Post a Comment