Jokowi: Birokrasi itu Bagian dari Solusi, Jika Salah Urus...

foto
Gubernur Jakarta Jokowi meyakini birokrasi yang baik di satu pemerintahan bisa jadi solusi untuk menyelesaikan sejumlah masalah. Tapi, kondisinya bisa berbanding terbalik jika terjadi salah urus.



"Birokrasi bagian dari solusi, tapi kalau salah urus, salah kelola, bisa jadi masalah," kata Jokowi di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Kamis, 29 November 2012. Jokowi bersama wakilnya, Basuki Tjahaja ''Ahok'' Purnama, menghadiri upacara peringatan Ulang Tahun ke-41Korpri. Inspektur upacaranya adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Azwar Abubakar.

Menurut Jokowi, birokrasi yang baik butuh manajer yang baik. Di Jakarta sendiri, Jokowi mengatakan sedang menata kembali birokrasi pemerintahan. "Bagaimana agar kompetensi PNS berada dalam korps bisnis yang benar " kata Jokowi. "Kalau orang punya punya latar belakang ilmu harus di dinas yang sesuai. Ini yang baru terus kami kerjakan"

Sebelumnya, Wakil Gubernur Ahok menjelaskan rencana mereka akan membenahi penempatan aparatur di DKI Jakarta. Selama ini, ternyata pemerintah DKI kekurangan orang yang dibutuhkan dengan spesialis tertentu. Tapi, juga kelebihan orang yang tidak dibutuhkan. "Dulu ada suatu proses seleksi yang mungkin ada masalah," ujar Ahok.

Pada upacara yang dimulai tepat pukul 08.00 WIB ini, Menteri Azwar membacakan sambutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam sambutannya, SBY meminta KORPRI meningkatan pengabdian kepada masyarakat dan berterima kasih kepada para pegawai negeri sipil yang telah berdedikasi tinggi. 

Selain itu, Azwar juga meminta peniadaan prosedur panjang berbelit yang berpotensi menyebabkan adanya korupsi. "Jadikan KORPRI sebagai organisasi kedinasan yang bersih dan profesional," ujar Azwar.

No comments:

Post a Comment