Keterbukaan Informasi Birokrasi Wagub DKI Patut Ditiru

Keterbukaan informasi birokrasi Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama dengan mengunggah hasil rapat di Youtube diharapkan dapat menginspirasi banyak pihak dan patut ditiru oleh badan publik lainnya. 



Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) DKI Jakarta, Yulianto Widiraharjo mengatakan, komitmen yang dilakukan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta ini patut diikuti oleh badan publik yang lain seperti DPRD. Dengan demikian, pihak eksekutif dan legislatif bisa berjalan seiringan dalam menjalankan visi dan misinya.

"Komitmet Pak Wagub ini memang patut dititu. Bahkan dirinya berani membuka infomasi baik dari website Pemprov DKI Jakarta dan di website pribadi beliau. Nah itu langkah yang menginspirasi kami juga dan itu harus diikuti oleh badan publik lainnya," kata Yulianto, usai bertemu dengan Wakil Gubernur Basuki Tjahaya Purnama, di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (23/11). 

Dikatakan Yulianto, informasi publik yang ditutupi merupakan paradigma lama. Paradigma tersebut harus diubah sehingga segala informasi khususnya yang berkaitan dengan publik menjadi transparan. "Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik yang ada saat ini akan menjamin akses warga negara terhadap informasi publik agar warga negara ikut berpartisipasi mulai perencanaan pelaksanaan maupun pengawasan," ungkapnya.

No comments:

Post a Comment