Jokowi Targetkan Proyek Monorail Rampung 3 Tahun

Jokowi Targetkan Proyek Monorail Rampung 3 Tahun

Gubernur DKI Jakarta Jokowi menargetkan proyek monorail rampung dalam jangka waktu tiga tahun.
Mantan Walikota Solo ini menuturkan, jika PT Adhi Karya dan PT Monorail Jakarta berjalan sendiri-sendiri, misalnya PT Jakarta Monorel membangun jalur di selatan dan PT Adhi Karya membangun di Timur, akan mengakibatkan harga tiket monorail yang berbeda.

"Kalau keduanya sepakat untuk jadi satu konsorsium, tahun depan pembangunan monorail dapat dilanjutkan kembali. Kami targetkan tiga tahun, pembangunan monorail sudah rampung," kata Jokowi, Jumat (7/12/2012) di Balai Kota.
Dikatakan, ia memberikan tenggat waktu bagi PT Adhi Karya dan PT Monorail Jakarta untuk menyatukan persepsi menjadi satu konsorsium.
Bila tidak ada kesepakatan, terang Jokowi, maka Pemprov DKI akan memutuskan langkah selanjutnya.
Sebagai informasi, pembangunan monorail merupakan investasi yang nilainya sangat besar yaitu sekitar US$ 500 juta.
Monorail terdiri dari dua jalur yaitu jalur hijau (green line) yang merupakan jalur berputar sepanjang 14,275 km dengan 16 stasiun mulai dari Komdak-Kusuma Candra-BEJ-Stadiun Utama-Plaza Senayan-TVRI-Taman Ria Senayan-Gedung MPR/DPR-Pejompongan-Karet-Sudirman-Setiabudi Utara-Kuningan Sentral-Taman-Rasuna-Casablanca-Grand Melia-Satria Mandala.
Jalur lainnya adalah jalur biru (blue line) yang merupakan jalur memanjang sepanjang 9,725 km dengan 11 stasiun mulai dari Kampung Melayu-Tebet-Dr Sahardjo-Menteng Dalam-Casablanca-Ambassador-Dharmala Sakti-Menara Batavia-Karet-Kebon Kacang-Tanah Abang-Cideng-Roxy.

No comments:

Post a Comment