Jokowi Bakal Terima Penghargaan Teladan Demokrasi

foto
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dijadwalkan menghadiri acara The Second World Ecological Safety Assembly yang digelar di Bali Nusa Convention Center, Nusa Dua, Bali, mulai Ahad, 9 Desember 2012. Di sana, Jokowi dikabarkan akan menerima penghargaan Teladan Demokrasi sekitar pukul 20.00 Wita.
Undangan disampaikan langsung oleh putri presiden pertama Indonesia, Sukmawati Soekarnoputri, saat menemui Jokowi di Balai Kota pada 6 November 2012 lalu. 

Penghargaan Teladan Demokrasi itu akan menambah deretan penghargaan yang diterima mantan Wali Kota Surakarta tersebut. Beberapa penghargaan yang dia terima, antara lain, menjadi salah satu dari 10 tokoh 2008 versi majalah Tempo, menjadi Wali Kota Terbaik pada 2009, serta menjadi 25 besar kandidat Wali Kota Terbaik Dunia 2012 yang digelar The City Mayors Foundation.

Di bawah kepemimpinannya, Kota Solo juga beberapa kali menyabet penghargaan, di antaranya menjadi Kota Pro-Investasi dari Badan Penanaman Modal Daerah Jawa Tengah, menyandang predikat Kota Layak Anak dari Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta menjadi kota dengan tata ruang terbaik kedua di Indonesia.

Pada 9 Agustus lalu, Solo juga menerima penghargaan untuk kategori Kota Terbaik dalam acara Delgosea Conference di Bangkok. Suksesnya penataan kota dan pasar yang membuat Solo menerima penghargaan tersebut. Soalnya, sejak dua tahun lalu, Solo memang ditunjuk menjadi tempat pelatihan untuk penataan kota dan pedagang kaki lima di kawasan Asia Pasifik.

Sederet penghargaan itu tak membuat Jokowi berbangga hati. Dia pernah mengatakan, "Tugas saya hanya bekerja. Kalau mau dinilai baik, ya silakan, dinilai tidak baik, juga silakan," tuturnya.

No comments:

Post a Comment