Jokowi: MRT Diputuskan Petang Ini

foto
Gubernur Joko Widodo menyatakan kelanjutan proyek mass rapid transit (MRT) bisa diputuskan petang ini, Selasa, 4 Desember 2012. Menurut dia, petang ini dia bertemu dengan Menteri Keuangan Agus Martowardojo. Seusai pertemuan, baru dia akan mengambil sikap: melanjutkan atau tidak megaporyek itu. 
"Kalau bisa sore ini juga langsung diputuskan," katanya di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa, 4 Desember 2012. 

Menurut Jokowi, keputusan soal proyek MRT bisa diambil jika pertemuan dengan Kementerian Keuangan menemukan kesepakatan. Dia mengatakan akan bernegosiasi dengan Menteri Agus soal bunga pinjaman serta investasi karena menyangkut cicilan setiap tahun. "Kalau Menteri Keuangan memberikan lampu hijau, langsung diputuskan," katanya.

Kepada Menteri Keuangan, Jokowi nanti juga akan meminta gubernur tidak sebagai penanggung jawab proyek. Menurut dia, penanggung jawab proyek seharusnya adalah perusahaan yang ditunjuk untuk mengurus masalah MRT. "Kalau gubernur yang ngurus, bisa-bisa saya tidak kerja, cumu ngurusin MRT saja," ujarnya.

Jokowi sebelumnya juga menghendaki pemerintah pusat lebih bertanggung jawab dalam proyek senilai Rp 17 triliun itu. Dia meminta agar rasio pengembalian utang dari Japan International Cooperation Agency (JICA) sebesar 70:30 dengan tanggung jawab besar ada pada pemerintah pusat. "Kesepakatan itu juga yang buat kan pemerintah pusat," ujarnya.

Adapun soal tiket, Jokowi menyatakan harganya tidak akan lebih mahal dari KRL Bogor-Jakarta sebesar Rp 9.000.

No comments:

Post a Comment