Jokowi Ungkap Tiga Penghambat Proyek MRT

Joko Widodo-Basuki T Purnama
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengatakan ada tiga masalah yang masih mengganjal dan belum terjawab untuk kembali meneruskan proyek pembangunan kereta bawah tanah Mass Rapid Transportation (MRT).



"Ada tiga hal yang masih belum terjawab," ujarnya di Jakarta, Kamis (4/11/2012).

Soal pertama adalah pengembalian investasi atau return of investment. Ini penting agar utang pemerintah yang dipakai membangun proyek ini, bisa dibayar kembali dan tidak membebani keuangan negara. 

Kedua adalah adalah soal penumpang. Jokowi ingin mendapat informasi soal berapa target penumpang yang bisa diangkut oleh MRT ini kelak. 

"Berapa targetnya, bisa terpenuhi atau tidak, itu juga belum terjawab," ujar Jokowi usai menghadiri silaturahmi Forum Komunikasi Guru Swasta di gedung BLK Transito Jalan H. Naman No.1 Pondok Kelapa Jakarta Timur, Minggu (4/11/2012).

Yang ketiga adalah masalah pinjaman untuk pembiayaan proyek tersebut. Apakah dengan pinjaman terikat (tight loan) atau tidak, Jokowi masih masih belum memutuskannya.

"Tight loan atau untight loan, itu untung ruginya apa, masih dicari jawabannya," kata mantan Walikota Solo itu.

Jokowi meminta agar tiga persoalan itu bisa segera diperjelas guna memutuskan apakah proyek itu terus berjalan atau tidak.

"Diulang dan dicoba, harus dicarikan jawaban itu. Kalau tidak bisa jawab, ya sampai bisa jawab," tegasnya.

1 comment:

  1. smoga bisa ketemu jawabannya pak,, dan cepat di realisasikan,, amin!!

    ReplyDelete